Friday, August 2, 2013

Fenomena Menjelang Lebaran



Ga terasa bulan puasa dah mo selesai, hari yang di tunggu seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia pun aka segera datang. Lebaran kali ini gw ga pulang kampung, bukan gara-gara ga punya kampung tapi lebih tepatnya gw baklan pulang kota. Yup terdengar aga aneh bukan? Begini penjelasan singkat gw, klo pulang kampungkan dari Jakarta ke kampung (luar Jakarta), karena gw lagi di Bandung jadi gw pulang kota ke Jakarta tercinta. Dengan hari raya idul fitri tinggal beberapa hari lagi, kita pun sering kali menjumpai kejadian-kejadian yang terjadi menjelang hari raya umat islam ini. Pada kesempatan kali ini gw mencoba mengulas tentang beberapa fenomena yang sering  kita temui menjelang hari raya Idul Fitri.

1. Mudik
Mudik udah jadi bagian yang ga bisa di pisahin dari yang namanya lebaran. Ini bukti klo orang Indonesia sangat cinta sama kampung halamanya. Bagi masyarakat Indonesia di daerah tertentu (biasanya yang kampunya di pulau jawa) mudik menjadi sesuatu yang mutlak di lakukan pada saat lebaran. Ngantri sampe nginep di stasuin atau terminal demi dapet tiket udah jadi pemandangan biasa di jelang lebaran. Sebagian orang memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik dan tentu saja keselamatan mereka di pertaruhkan di perjalanan. Beruntunglah kalian yang mempunyai orang tua yang tinggal di Jakarta.
Mudik pake Motor

 2. Rumah Ibadah Langka
Langka di sini maksud gw bukan maesjudnya tapi penghuninya. Coba aja perhatiin hari pertama sholat tarawih, jamaahnya sampe luber keluar-keluar. Nah perhatikan mesjid pada saat menjelang lebaran, bisa kita hitung pake jari.
Sepi amat ya???
3. Discount atau Sale
Kebutuhan akan pakaian baru saat lebaran nampaknya sangat di maksimalkan oleh pusat perbelanjaan. Poster-poster bertuliskan diskon 50% - 70% jadi pemandangan hamper di seluruh pusat perbelanjaan. Klo kata radityadika: “tingginya nilai diskon berbanding lurus dengan tingginya tingkat emosi perempuan di tempat tersebut”. Ini 100% terbukti, gw udah ngeliat sendiri gimana ganasnya perempuan klo udah ngeliat tulisan diskon. Gunakanlah THRmu dengan bijak…
Ternyata cowo juge tergiur dengan diskon
4. Rumah Gadai
Menyelesaikan masalah tanpa masalah begitulah selogan dari salah satu rumah gadai. Kebutuhan ekonomi yang meningkat menjelang lebaran menjadikan rumah gadai menjadi solusi mendapatkan uang dengan cepat dan mudah. Ada beberapa pihak yang menggukan ruamah gadai sebagai tempat penitipan barang yang mereka tinggl selama mudik.
Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah
5. Meningkatnya Kriminalitas 
Kerisis ekonomi dan tingginya kebutuhan menjelang lebaran menjadikan meningkatnya tingkat kriminalitas menjelang lebaran. True story, hari ini ada 3 orang kehilangan sepatu abis sholat jumat.
Waspadalah... waspadalah...

Mungkin segini aja posting gw kali ini, buat yang mo mudik hati-hati di jalan trus klo balik ke Jakarta jangan ngajak-ngajak temen maupun sodara ya, Jakarta udah sempit (pesan Bpk Gubernur DKI Jakarta) dan semoga kita bisa bertemu lagi di lebaran berikutnya.
Happy Idul Fitri….
Mohon maaf lahir batin ya…




































No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)