Monday, November 4, 2013

Cerita ABG : Cerita ABG di Jaman Gw



Postingan kali ini sebagai partisipasi gw dalam Gerakan PKK (Peduli Kata Kunci) yang di adain Warung Blogger. Hadiahnya kaos keren, lumayan buat nambahin perbendaharaan kaos di lemari gw. Pertama baca kata kunci “CeritaABG”, gw langsung mengerutkan dahi dan berprasangka buruk. Gimana enggak, klo kalian ga percaya coba aja ketik Cerita ABG di google pasti yang keluar konten-konten negatif tentang kenakalan anak-anak SMP dan SMU. Mulai dari sekandal sex sampai penaylah gunaan barang-barang sikotropika. Ok let’s the story begin.

SMP jaman dimana pertama kali gw kenal sama yang  namanya rokok, cimenk (ganja), dan bokep. Jadi ceritanya waktu itu ada alumni yang datang ke sekolah, dia nawarin rokok surga. Begitulah sebutan benda haram yang dia tawarkan. Sebagai ABG yang masih labil yang suka pipis di celana dan iming-iming meningkatnya kadar kegaulan pada saat itu, gw dan peliharaan-peliharaan teman-teman lainnya mengiyakan dan mencoba barang kampret tersebut. Tambah gaul kagak yang ada pala gw pusing dan gw muntah-muntah kaya ibu-ibu ngidam, walhasil gw minta ijin pulang sekolah lebih awal karena ga tahan lagi. 


Bokep, jaman gw ABG dulu di sebut dengan stensil (gw ga tau persis ejaan yang benarnya). Nama yang unik bukan? Klo generasi MP3 ga bakal ngerti tapi klo yang pernah hidup di tahun 90an dan ngerasain ngerekam lagu pake kaset kosong pasti tau. Stensil bisa berupa gambar (telanjang) maupun cerita dewasa. Stensil di nikmati oleh ABG kalangan bawah, lain halnya mereka yang terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Kalangan ini kurang suka baca stensil, mereka biasanya nonton LD (Laser Disc). Ada yang tau LD? LD semacem DVD cuma  ukurannya yang guede banget. Di jamin klo punya bokep LD pasti susah banget ngumpetinnya, sama kaya ngumpetin mantan dalem kardus mie instant. 

Kemaren gw ngeliat video anak SMP4, buset dah baru SMP udah berani ML. Waktu gw SMP klo di deketin cewek, gw sampe pipis di celana apa lagi liat cewek telanjang bisa-bisa gw di rawat inap gara-gara mimisan seember. ABG di jaman gw boro-boro ada yang namanya hape, yang punya pager aja masih orang-orang yang kaya dari dulu  bukan kaya mendadak gara-gara menang lotre atau menang ajang pencarian bakat.

Cerita ABG sekarang lebih beraneka ragam, ini ga lepas dari majunya teknologi. Sekarang dengan mudahnya para ABG mengabadikan kejadian dalam bentuk gambar maupun video. Beda banget sama jaman gw ABG dulu yang masih ngandelin telpon umum dan koin gantung klo mo telpon gebetan dengan biaya gratis (maafkan saya TELKOM).

Peruban mencolok ABG di jaman gw sama ABG sekarang juga ada pada gaya rambut. Jaman gw ABG belom ada yang namanya potongan rambut dengan poni menjuntai menutupi setengah wajah ala al4y-al4y di acara musik pagi. Jaman itu potongan rambut di dominasi sama rambut belah tengah lengkap dengan minyak rambut (sekarang biasa di sebut gel) yang luntur klo kena ujan. Klo ngeliat foto gw jaman SMP dulu gw menyesal pernah punya rambut belah tengah. Asal kalian tau David Backham juga pernah belah tengah dan dia terlihat sangat keren.

Kaos stussy, celana mambo dan tas selempang kuta lines jadi modal wajib klo lo mo di bilang gaul di akhir tahun 90an. Tak lupa sepatu LA Gear yang bisa nyala pas di injek juga sempet nge hits di kala itu. Tas punggung alpina jadi tas paling di cari di sekolah, bukan karena tasnya keren tapi yang di cari resletingnya. Yup resleting, sebagai informasi hampir semua tas alpina resletingnya hilang pada hari pertama masuk sekolah. Pada jaman itu resleting tas alpina di jadikan hiasan untuk gantungan gelang (semacem liontin), jadi mending klo pake tas alpina ke sekolah resletingnya kita copot duluan dari pada di curi rang lain.

Game, game di jaman gw ABG cuma SEGA, sama Dindong, ada juga nitendo tapi udah mulai di tinggalin gara-gara kalah update sama SEGA. Buat gw yang terlahir dari keluarga sederhana, cuma mimpi buat punya sega. Sebagai alternatif gw milih maen dindong. Dindong bisasnya ada di pusat perbelanjaan dan pasar. Namanya pasar pasti penghuninya banyak orang yang bukan orang baik-baik (preman). Jadi klo abis maen dindong harus hati-hati klo ga pas pulang bisa kena palak. Betapa indahnya hidup di jaman modern yang klo maen game tinggal buka hape doang ga perlu ngantri nukerin koin dan nunggu giliran main.

Beda jaman beda juga tingkah lakunya, di jama gw aple dan blackberry hanya sekedar nama buah bukan salah satu asesoris wajib buat gaul. Mudah-mudahan dengan adanya PKK dari Warung Blogger, konten-konten negatif tentang Cerita ABG bisa tengelam. Ketiban sama blog-blog tentang Cerita ABG yang lebih sehat, menghibur dan mengispirasi. Keep Blogging

klo buat cerita ABG versi cewek bisa di cek di sini
 
http://www.warungblogger.org/2013/11/gerakan-pkk-cerita-abg.html

"Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger"

91 comments:

  1. Memang kalau kembali mengenang masa lalu asyik juga yaa!! Saya juga hampir sama pernah ngalamin seperti yang mas ceritakan. Gimanapun memang perilaku ABG itu iyaa bergantung kepada diri masing-masing aja deh,, bukan salah zaman, bukan juga salah lingkungan. Yang patut dipertanyakan sejauh mana IMAN?? :-)

    Keep Blogging Mas Yandhi.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. miris ngeliat kelauan ABG sekarang terlebih kasus SMP 4 am
      pun dah...
      *Tepok Jidad

      Delete
    2. Seru Juga Om Waktu Jaman Main Dindong , Kita bisa Tuker Koin wkwkkwkw . Klo Jaman Stensilan dulu Ngumpet2 .Klo sekarang Tinggal searching di Google , Ngablak Dah semua wkwkwkkw

      Delete
    3. sekarang dindong udah punah, ketiban sama consol, gadget dan game online

      Delete
    4. Wah, banyak banget aneka rupa begitu ya kenakalan dan cerita ABG jaman dulu, kalau saya ngalamin SMP wal tahun 2000an, nggak beda jauh, kalau game mungkin ya mainnya gembot :D

      Delete
    5. gembit yang ada talinya ya?
      klo waktunya udah abis ntar talinya di tarik sama abangnya :)

      Delete
  2. terima kasih turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger mas Yandhi

    Jangan lupa pasang bannernya ya biar terverifikasi sebagai peserta

    ReplyDelete
  3. saya waktu masih abg, keren loh hahahaha suka khilaf kalau liat usia skg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa keren? liat dong fotonya
      makasih udah mampir ya

      Delete
  4. Perbedaannnya lumayan mencolok ya, tapi tetep aja sama-sama ABG-nya. Semoga menang yah PKK-nya... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti beda, beda jaman beda juga gaya dan kelakuannya
      makasih dhanis

      Delete
  5. ABG banyak yg salah pergaulan.. Cara mereka menikmati masa muda sungguh amat disayangkan..
    berhubung aku anak ABG, cuma bsa bnyk berdoa berlindung kpada Allah swt..
    good luck ka, PKK nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya sebagai orang tua di tuntut lebih peka biar anak2 kita ga salah bergaul

      Delete
  6. masa abg ayah kenal unda jaman smp #nasib pasangan temenan dr jaman abg

    ReplyDelete
  7. Waduhh,,, ada beberapa kata yang aku nggak ngerti artinya #garuk-garukkepala
    Ini karena aku terlalu polos, tidak tahu dengan pergaulan negatif di sekeliling atau aku masih kecil yahh, jadi nggak ngerti kata-kata itu? hahahaa..
    Ternyata setiap zaman itu berbeda dan makin kemari makin modern DAN hal ini makin memudahkan anak-anak labil mencari tahu hal-hal yang seharusnya belum saatnya mereka ketahui.
    Sukses Mas Yandhi nge-BLOGnya,,, Hidup PKK !! Merdeka

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana yang ga ngerti rin?
      wajar ga ngerti kan ga ngalamin

      Delete
  8. hahahaha hidup generasi 90 :D. jadi flashback ke 90 an.. iya bener tuh sy klo mau main dindong duitnya ditarok didalam celana itu tuh..biar ga dipalak ama preman..hahah terus ada tuh Billabong juga saingan ama stussy ama kutalines..keekke...klo pake pager pasti udah dilihatin anak2 krn bener, jaman dulu pake pager cuma bapak2 yang bisnis2 gitu hahahahhaha..anak2 sekolahnya mainan telpon koin gantung, ama kabel telpon yang diputus terus disambungin lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Billabong harganya untuk kalangan yang duitnya lebih bro btw pernah baca keripik moring.
      jangan2 itu punya mas bro ya :)

      Delete
    2. hehe ada hubungannya itu bro...klo itu kan singkatan cimol kering..klo sy pake nama keluarga hehe

      Delete
    3. typo..maksudnya ga ada hubungannya...

      Delete
  9. Buset, Yandi angkatan taun berapa sih?? Jamanku aja udah VCD loh. Lah ini malah punya laser disc.... Hahahaha!
    Sedih bgt yah ngeliat anak2 muda sejarang. Mengingat kita juga punya anak, jadi suka takut sendiri!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw lulus SMP tahun 99 lang
      iya neh jadi takut klo anak2 kita nanti tiba2 ikutan salah pergaulan :(

      Delete
  10. Pernah idup di jaman ini juga! Baca tulisanloe nyenengin gini. I'm alive! Salam belah tengah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lo pasti pernah lah za, kan kita seangkatan
      btw pernah baca stensil juga ga :D

      Delete
  11. Replies
    1. barusan googling enny arrow ternyata dia penulis stensil ya :D

      Delete
  12. Hmm.. ABG oh ABG... Anak Baru Gede...
    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ABG juga bisa di artiin angkatan babe gw
      salam kenal juga, makasih ya udah mampir :)

      Delete
  13. Dulu jaman mudanya gaul banget nih kakak pasti. Hehehehhe tontonannya juga Stensil. Kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya gaul bro cuma inget2 aja jaman SMP dulu
      makasih udah mampir ya

      Delete
    2. Hahahah oke kak brooo. Btw, punya rekomen stensil kagak? Eh?

      Delete
    3. stensil pabriknya udah tutup bro, sekarang orang lebih milih video :)

      Delete
  14. Semua itu karena kemajuan teknologi bung Yandhi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kita harus ikutan maju juga biar ga kalah sama teknologi ya mas dar :)

      Delete
  15. kalo ga berubah namanya ga move on dunk bung Yandhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik move on, bahasa yang udah mainstream banget

      Delete
  16. Semacam permainan tradisional yang sering gw mainin waktu kecil sekarang udh nggak pernah gw temuin lagi.....
    tapi namanya teknologi juga sudah semakin berkembang,wajar sih kalo ABG skrg udh lebih maju daripada jaman gw dulu dan pastinya juga merubah pola dan gaya hidup mereka.
    Yah moga2 aja perkembangan teknologi yang semakin pesat juga memberi dampak yang positif bagi para ABG sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kangen juga sama hal2 klasik, yah semoga perkembangan teknologi di iringi kedewasaan penggunanya dalam memanfaatkannya

      Delete
  17. sumpah kak.. gua gak ngerti ama barang-barang yang kakak sebutin diatas.. wah, itu menunjukkan low kakak dah TUA bingit ya..
    :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha.. iya dah.. tua aja. (padahal sama-sama tua juga :D :D )

      Delete
  18. ABG jaman sekarang aneh-aneh udah mungkin terpengaruh budaya luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang aneh2 sama kaya komen ga pake login

      Delete
  19. LD gw juga pernah ngalamin tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya Mr.Anonymous seumuran atau lebih tua dari gw.
      lain kali login ya :)

      Delete
    2. ahahha.... disindir kuk ya gak ngerasa yak??? :D iya kale dah lebih ........#kesensor

      Delete
  20. Kalau bahasa alay jaman dulu apa nih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo g salah dulu ada yang namanya bahasa "G"
      bisa di cek di sini diarysofcindra.blogspot.com/2013/11/cerita-abg-cewe-jadul.html

      Delete
  21. LD bokep gw masih ada neh, mo mimjem ga?
    good luck GAnya blay

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih akhirnya komen juga...
      LDnya ada tapi playernya udah punah :)

      Delete
  22. woy keren neh cerita...btw balikin dongs buku kungfu boy gw....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini siapa ya?
      tiba2 komen pake Anonymous trus minta balikin kungfu boy

      Delete
    2. eh busyettt doski lupa...salam rokok super...

      Delete
    3. oh pak bewok toh...
      makanya login biar ketauan :)

      Delete
  23. ajiblah ceritanya bikin bernostalgia bro

    [info] mau ngasih tau ada http://dinding-gusdi.blogspot.com/2013/11/giveaway-myfirstbook-dinding-gusdi.html

    ikut yuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi nostagia gila bro...
      siap meluncur ke TKP bro...

      Delete
  24. Sampe sekarang juga masih ABG kan Pak Yandi? Angkatan Beraaapaaa gitu :D

    ReplyDelete
  25. Wah jaman gue dulu 90an, gue masih SD. Taunya LD ya buat nonton film Boboho doang @_@

    ReplyDelete
  26. Zaman sekarang zaman edan om, dulu takut sama yang gituan, sekarang malah ga takut di coba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saking sering nyoba jadi buncit deh perutnya

      Delete
  27. Wahahaha...ketahuan deh berapa umurnya Om Yan, ketahuan udah tua *eh :p

    ReplyDelete
  28. Maaf artikel Cerita ABG anda bermasalah, mohon segera diverifikasi.. ! Terima kasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw udah baca di forum, maaf ya ga kejebak :)

      Delete
  29. Huwaaaaa Mas Yandi ketauan tuanya =p sekarang manggilnya Om deh~
    pager, game sega, sepatu dogmarc itu jama ku SD!!! Huwahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh postingan kali ini secara ga langsung mebongkar umur :)

      Delete
  30. dulu dan sekarang jauh berbeda ya mass.... hehe

    ReplyDelete
  31. beda banget, kan beda jama beda juga kelakuan dan kenakalnnya

    ReplyDelete
  32. Artikel yang bagus sekali, semoga cerita abg nya masuk di pejwan. Salam kenal aja ya?

    ReplyDelete
  33. Masa ABG emang seru ya om. Ada hal yg bikin malu, bangga n macem-macemlah, campur aduk. Salam kenal yak,

    ReplyDelete
  34. cuaca dingin begini asiknya baca-baca informasi bermanfaat yang seperti ini dulu, terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  35. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak ?? :)

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    ReplyDelete
  36. Tahun 90 an jamannya Pagoda Pastilles... dianggap permen mahal n kalau makan itu dibilang keren :D

    ReplyDelete
  37. Sedih sama anak ABG jaman sekarang, apa-apa negatif melulu, untung gue ABG jaman dulu :')

    ReplyDelete
  38. ABG Jaman sekarang mah aneh, banyak tawuran, cabe2an, ah sudahlah.

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)