Friday, February 21, 2014

Klasik Tapi Ga Antik


Sepeda motor, alat transportasi paling realistis di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Jakarta kota dengan tingkat kemacetan yang bikin pengen ganti kelamin. Ada prediksi 10tahun lagi orang langsung kena macet begitu ngeluarin kendaraan dari rumahnya. Jadilah kendaraan roda dua jadi kendaraan favorit warga Jakarta, selain murah juga bisa lebih cepat sampe tujuan.

Pernah baca tulisan “Hari gini ga punya gigi, ompong dong?” itu kalimat ejekan untuk motor yang ga punya gigi alias motor matic. Dengan tingkat kemacetan dosis tinggi, memang motor matic jadi solusi paling masuk akal. Motor matic yang awalnya di tujukan untuk ibu-ibu ke pasar sekarang berubah jadi kendaraan paling di gandrungi. Segala usia dan kalangan sekarang pake motor matic, termasuk gw.

Sekarang semua pabrikan ngeluarin motor matic, mulai dari pabrikan Jepang, China sampe pabrikan asal negri pizza (Piaggio) juga ngeluarin motor matic. Vespa matic pertama kali release pada tahun 90an (tipe Corsa) tapi nampaknya saat itu Vespa matic belum mampu merebut hati para pecinta kendaraan bermotor roda dua. Beda sama sekarang yang menjadikan Vespa matic sebagai salah satu kendaraan wajib buat gaul dan dapat mendongkrak level keren penggunanya.

Semenjak Piaggio ngeluarin Vespa matic jadi banyak anak Vespa karbitan. Kenapa gw bilang karbitan? Dimata gw anak Vespa itu adalah adalah tipe orang yang siap repot, cinta sama barang klasik dan siap berenti klo ngeliat ada motor Vespa lain yang mogok di pinggir jalan, maklum motor tua rentan sama yang namanya mogok. Dan gw yakin anak Vespa karbitan ga bakal mau ngelakuin hal itu.

Klo kata temen gw (yang menurut gw anak Vespa beneran), anak Vespa itu ada dua tipe. Yang pertama dia beli Vespa emang suka sama Vespa yang kedua dia mampunya cuma beli Vespa alias duitnya cuma cukup buat beli Vespa doang. Menurut carita temen gw dia pernah punya kenalan, awalnya dia beli Vespa tapi begitu dia dapet rejeki yang lebih terus Vespanya di jual dan dia beli motor yang lain. Temen gw agak kecewa tapi dia pikir tipe orang beda-beda jadi dia cuma bisa gerutu dalem hati aja.

Ga gampang jadi anak Vespa beneran, di butuhkan rasa cinta pada mesin tua serta konsistensi yang tinggi. Kenapa gw bilang konsisten? Di tengah gencarnya persaingan prudusen-prudusen otomotif yang seoalah-olah sedang berlomba meluncurkan produk-produk baru guna merebut hati para pecinta kendaraan beroda dua, sementara pecinta Vespa tetap setia sama tunggangannya yang umurnya bisa di bilang ga muda lagi. Mereka tetap setia sama tungganganya  dan ga terpengaruh motor-motor baru yang beredar di pasaran.

Vespa matic gaya klasik tapi ga antik

Klasik Tapi Ga Antik

picture property of yandhi ramadhana

29 comments:

  1. antik itu termasuk seni loh :))
    wajib di museumkan :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset cepet banget comennya
      walah di musiumkan biar ga punah ya?

      Delete
  2. Yang pertama dia beli Vespa emang suka sama Vespa yang kedua dia mampunya cuma beli Vespa.
    wkwkwkwk 2 tipe penyuka vespa yg unik dan menarik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah menurut inpo dari narasumber sih gitu :)

      Delete
  3. Aq punya piagio 96 mas.. asik juga emang kalau ketemu anak Vespa, di saling klason heuhe

    ReplyDelete
  4. vespa yang jaman sekarang juga keren! (mahal lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maenurut yang udah punya, kurang nyaman di kendarainnya

      Delete
  5. unik vespanya, saya hanya bisa nyimak karna saya nggak tau apa2 tentang vespa :)

    ReplyDelete
  6. Vespa walaupun mesin uda tua kalo tampilannya uda modern, baru nampak keren banget

    ReplyDelete
  7. untung aku nggak hidu di jakarta jadi aman B)
    btw soal vespa, malahan kalo vespa jadul banyak dicari sama kolektor buat bahan koleksi, dan harganya cukup menggiurkan B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba rasain hidup di jakarta, enak lho....

      Delete
  8. AKu suka vespa,, karena vespa itu klasik dan yang pasti itu adalah tumpangan guru SDku dulu,, dan masalahnya sekarang aku suka banget vespa yang mahal itu,,, mas Yandhi mau beliin ga?

    ReplyDelete
  9. aku suka Vespa klasik! Vespa biar dikata belinya murah, perawatannya mahal bo....

    ReplyDelete
  10. Wah,,, belum pernah naik vespa model ini lho,,, cara pakainya sama kan, g ada giginya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belom pernah nyoba mba, ntar aku nabung dl ya biar bisa cerita sensasinya naik motor matic diatas 20juta

      Delete
  11. vespa matic itu identik dengan sayah kang...klasik tapi ngga antik...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dari poto kayaknya angkatan lama neh eh...

      Delete
  12. saya sendiri juga pakai matic, tapi kadang juga lihat ada yang pakai vespa tapi vespanya malah kayak sampah berjalan. bentuk vespanya aja udah berubah total, yang naikin juga pada kumel. itu bisa disebut suka antik juga gak?

    ReplyDelete
  13. Vespa yang modern skrg juga ada om Yan,duuuh harus belajar ngendarai motor dulu -,-

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)