Monday, February 24, 2014

3Detikan



Hape merupakan nama prokem (bahasa gaul taon 90an awal) dari handphone yang berarti telepon genggam, di kasih nama telpon genggam mungkin karena ukurannya yang kecil yang memungkinkan alat komunikasi ini untuk di genggam. Sekarang hepe beralih nama jadi telpon jinjing, kenapa gw bilang telpon jinjing? Bukan gara-gara hape bisa menggonggong ya tapi karena hape sekarang ukurannya terlalu besar untuk di genggam jadi cocoknya di jinjing. Saking besar ukurannya hape sekarang kadang wajah penggunanya sampe ketutupan sama lebarnya hape. Karena lebarnya hape ini, dalam keadaan darurat hape macam ini juga bisa di jadiin tatakan buat ngrirs bawang.


Kemaren gw ngeliat iklan, salah satu pabrikan hape yang bintang iklannya Kobe Briyant ngerelease varian terbarunya. Di iklannya di sebutin klo ini hape punya kamera belakang 15Mpixel dan 5Mpixel untuk kamera depan. Buset lama-lama pabrik kamera digital bisa bangkrut gara-gara kalah resolusi sama kamera hape. Ada yang lebih canggih lagi, ada juga hape yang anti air. Jadi hape tetep bisa di operasikan walau dalem air sekalipun. Gw ga ngerti ini pabrikan hape terinpirasi dari apa sampe-sampe memproduksi hape yang anti air, gw curiga ini adalah pesenan khusus dari para putri duyung. Jadi para mermaid tetep bisa BBMan meski di dalam laut sekalipun (mang dalem laut bisa dapet sinyal ya? Bodo amat lah urusan mereka). Klo saat ini ada yang ngerelease hape anti air berarti tidak memutup kemungkinan ada pabrikan hape yang bakal ngeluarin hape anti aging, di mana para pengguna hape jenis ini akan tetap terlihat muda meski sudah meninggal sekalipun (anti aging apa pake formalin?). 

Hape pertama gw Nok*a 3350. Dengan mendaratnya Nok*a3350 di tangan gw saat itu juga tabungan gw sukses tewas tak berbekas. Duit yang yang susah payah gw kumpulin dari hasil ngojek payung,  jual VCD (jaman ini belom ada DVD)  bokep sampe dagang dendeng tikus glonggongan musnah tak berbekas. Maklum waktu itu hape jadi salah satu asesoris wajib buat gaul jadi sebagai ABG labil yang berusaha untuk gaul, gw pun merelakan tabungan gw berpulang ke pangkuanNya.
Ini hape keren, di jamannya. Jaman di mana hape cuma bisa telpon sama sms doang, jaman dimana harga sim card masih di atas 200rb dan harga pulsa cuma ada yang 100ribu doang. Sebagai mahasiswa yang jajannya sehari 5.000perak bisa di bayangkan butuh berapa lama nabung untuk beli pulsa doang. Emang dah gaul butuh buget yang ga sedikit. Tapi waktu itu ada yang namanya “3detikan” (klo angkatan 90an pasti tau). Entah siapa penemunya yang pasti ini salah satu penemuan paling spektakuler di waktu itu. 3detikan merupakan cara berkomunikasi paling ekonomis, baying kan tanpa mengeluarkan pulsa kita bisa berkomunikasi, ajib ga tuh…

Caranya kita tinggal telpon tapi jangan sampe ngelewati waktu 3detik, ini komunikasi satu arah soalnya klo dua arah bisa-bisa lewat dari 3detik dan kena pulsa.  Jadi pas denger nada sambung, jempol kita udah stand by di tombol bergambar telpon merah (tombol untuk end call). Berikut contoh percakapan mahasiswa kere dalam versi 3detikan.

Mahasiswa 1 : ”lagi dimana bro?.” *tutup telpon
Mahasiswa 2 : “kantin.” *tutup telpon
Mahasiswa 1 : ”ok sip.” *telat tutup telpon (kampret pulsa gw kepotong)

Komunikasi 3detikan biasanya di akhiri dengan sms, agar pesan yang di sampaikan bisa lebih akurat. Lain jaman lain juga cara komunikasinya, emang sekarang lebih mudah komunikasi secara ada layanan chat yang ngasih free call. Tapi sensi 3detikan tetap paling ajib.

http://www.google.com/imgres?safe=active&sa=X&biw=1366&bih=605&tbm=isch&tbnid=WC3F8yFahjk7vM%3A&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.extragsm.com%2Fnokia-3350-phone-gallery-987.html&docid=03W1thdwFGdk1M&imgurl=http%3A%2F%2Fwww.extragsm.com%2Fimages%2Fphone%2Fbig%2FNokia%2F3350%2FNokia-3350-01.jpg&w=250&h=350&ei=fKMGU-vXPMubiQf104HoBQ&zoom=1&ved=0CFIQhBwwAA&iact=rc&dur=1299&page=1&start=0&ndsp=22
Nokia 3350
http://www.istiadzah.com/2014/05/giveaway-cerita-hape-pertama.html
Tulisan ini di ikutsertakan dalam GA Cerita Hape Pertama

46 comments:

  1. sensasi 3 detikan kayak diuber-uber masa. pengen cepetan kabur.
    setiap nelpon pasti deg-degan karena mesti selalu stand bay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bapak yang satu ini sepertinya angkatan 90an

      Delete
  2. wahahaha.. saya bukan penikmat 3 detikan, tapi pernah lihat teman yang memanfaatkan fitur itu. cuma ribet aja ngeliatnya :))

    ReplyDelete
  3. *telat tutup telpon (kampret pulsa gw kepotong)

    abis itu telpon dibanting terus cari utangan pulsa

    ReplyDelete
  4. Hehehe..paling bisa ni bikin postingan lucu. Kalau hape pertamaku siemens, yang sekarang sudah gak ada lagi hehehe.. Saya gak pernah pakai 3detikan, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda jaman kali neng? mungkin pas kamu punya hape, 3detikan udah di apus sama prividernya

      Delete
  5. 3 detikan, mode komunikasi yang terinspirasi dari copet yang udah kepergok massa

    ReplyDelete
  6. tua banget ya biasanya orang yang ngalamin itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong di koreksi kata "tua". buka tua tapi lahir duluan

      Delete
  7. Hape pertama saya nokia 6030 dan sampai 5 tahun pakai hape itu, soalnya SMA baru punya hp :D

    ReplyDelete
  8. Emang jaman serba canggih klo dulu N3350 itu sudah keren sampai adik saya jaman kuliah bawa hp sprti itu malah dihipnotis orang, tau2 hpnya ilang. Skrg yang kayak ginian gak bakalan diincer maling hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sekarang N3350 buat ganjelan pintu mba :)

      Delete
  9. Replies
    1. maklum jaman itu harga pulsa bagi kantong mahasiswa masih jauh dari jangkauan

      Delete
  10. kwkwkwk inget juga waktu itu bang yandhi :v
    tapi cara makenya baru tau sekarang. seperti walkytalky gitu ya.. -..-?
    tapi setuju tuh sama chuin, standby kabur muluk kwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kayak walkytalky, jadi yang ngomongnya gantian

      Delete
  11. Haha, klo dulu saya ingetnya cuma ngabisin pulsa di hape ayah buat ikutan polling sms kontes pencarian bakat, padahal jaman dulu kan beli pulsa mahal ya, hehe..
    Kalo jaman 3 detikan itu kyknya pernah ngalamin juga, tp lupa :D

    ReplyDelete
  12. Waaah 3 detikan, pas banget sama kisahnya suami saya jaman dulu bang Yandi,,, kocak dan lucu banget deh kalau dengar suami cerita *pas banget sama yang dicontohkan sama bang yandi diatas wkwkwkwkw,,, Kayanya jaman bang Yandi sama suami saya *satu era ya,,, sempat melewati masa2 3 detikan...

    ReplyDelete
  13. hahaha... dikau mengingatkanku pada masa itu! yg pake 3 detikan waktu itu kartu im3 ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya klo pernah ngalamin pasti teringat deh :)

      Delete
  14. Gokil!!! Aku iri padamu, masih sempet ngerasain sensasi telp 3 detik. Sebagai anak yang lahir tahun 90'an awal, aku gagal.

    Sudah dijamin dulu gak ada orang pacaran yang berantem lewat telp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi 3detikan menjauhkan kita dari yang namanya berantem di tlp, gimana mi brantem ngobrol aja limit

      Delete
  15. lah pan lau yg swap site nya bng,high VSWR lg sitenya,para duyung sempet komplain lg,katanya drop call...heeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ga VSWR lae, opticnya kerendem air :D

      Delete
  16. Hape legend tuh, di masa depan bakal jadi barang antik dan mahal x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya di masa depannya kapan, keburu kita di kubur :)

      Delete
  17. gaul abis jaman segitu sampai bisa nabung heuhuehe..
    seingatku tahun 2002-an juga masih ada tuh 3 detikan pakai kartu i em tri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener IM3 tapi dl kayaknya XL juga bisa dah

      Delete
  18. kwkwkwkw... bener bang, bahkan gue masih terapin sistem 3 detika tuh. Kelamaan pulsa kepotong.

    ReplyDelete
  19. dulu hape pertama saya 3315 hehe, dulu nelpon tiga detikan ngetrend banget hehe

    ReplyDelete
  20. hahaha sistem 3 detikan . . . asiiiiikkkkkkkk

    ReplyDelete
  21. wah pernah ngalamin juga neh kayaknya

    ReplyDelete
  22. hahahaha klo ditempat gue bilangnya "telpon bego", manfaatkan gratis.. hahaha..dan biasanya gue telpon temen2 gue ya caranya gitu dulu ahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya seumuran neh, pernah ngerasain 3detikan juga

      Delete
  23. 3 detikan emang paling seruuuuuu!! lebih seru lagi kalo tau2 ada yg kepotong pulsanya. wkwkkwkwkkwkw. btw, hp pertama kita sma ya dulu. :)

    makasih ya udh ikutan GA saya :)))

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)