Friday, March 14, 2014

Pencitraan Terselubung



Pencitraan, kata dasarnya citra di tambah awalan “pe” dan akhiran ”an”. Asumsi gw pencitraan itu kaya berusaha untuk berubah dari diri yang sebenarnya demi tujuan tertentu. Pencitraan bukan hanya ada di kancah politik, tanpa di sadari ternyata secara tidak sadar kita juga sering melakukan pencitraan. Ga percaya?, Sama. Awalnya gw juga mengelak klo gw pernah melakukan pencitraan tapi setelah gw lakukan study mendalam sedalam cintaku padamu akhirnya gw pun mengakuinya.

Telpon berbunyi, tertera nomer telpon tanpa nama. Buat seorang pelamar pekerjaan hal ini bagaikan menenguk minuman hangat saat buka puasa, lega. Saat itu juga orang di serbang telpon akan menanyakan apakah kita bersedia datang ke kantor yang bersangkutan. Kita langsung mikir strategi apa yang mo di pake agar si HRD bersedia menerima kita bekerja di perusahaanya.
Belom lagi mikirin baju apa yang mau di pake, celana apa, sepatu apa dan celana dalem warna apa. Eh… inikan sama aja kita berusaha untuk keluar dari diri kita sehari-hari demi mendapatkan image bagus di mata si HRD. Masih belom ngaku klo ga pernah ngelakuin pencitraan? Neh gw kasih case yang lain.

PDKT, PDKT adalah ajang di mana seseorang berusaha untuk tampil beda, tapil sesempurna mungkin demi memikat hati sang gebetan. Sebisa mungkin menunjukan semua sisi positif yang di miliki. Momen dimana sifat-sifat terpuji di explore dengan maximal dan sebisa mungkin membinasakan sisi negatif yang dimiliki. Ini kan bararti kita sedang berusaha menjadi beda, beda demi mendapatkan hasil (gebetan). Maka perkiraan gw dalam beberapa bulan akan muncul percakapan kayak gini:

Cewek: “Kamu sekarang beda.”
Cowok: ”Beda, gimana, tambah ganteng ya?”
Cewek: *pingsan 7hari
Cewek: “Kamu sekarang berubah beda banget di banding waktu PDKT dulu.”
Cowok: “Ak ge berubah ko, masih sama kayak yang dulu.”
Cewek: “Pokoknya kamu sekarang beda, kita PUTUS.”
Cowok: “@#%*?+.” *gantung diri di pohon toge

Cinta yang di paksakan cepat atau lambat pasti akan ada yang tersakiti. Tersakiti oleh pencitraan, mungkin lebih tepatnya korban pencitraan.

Pencitraan secara tidak langsung merubah diri sang penggunanya. Lambat laun sang pengguna (pencitraan) akan lelah dalam kepalsuan yang di jalani. Mungkin kita masih ga sadar akan pencitraan yang pernah kita lakuin karena yang biasa kita lakuin pencitraan terselubung.

Pencitraan Terselubung
picture property of yandhi ramadhana

36 comments:

  1. kek mau nyaleg juga butuh pencitraan, gak tau asal-usulny tiba-tiba foto-fotonya udah pada kepasang dipohon toge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh menjelang kampanya, pohon jadi korban sampah visual

      Delete
  2. Hahahaha, lebih baik jujur kalo semua tak lepas dari pencitraan ketimbang pura2 lewat pencitraan (lho?)

    ReplyDelete
  3. hanya lelah yang akan didapat dari pencitrataan.. hati gersang,, selalu memperindah topeng.. semoga kita terhindar dari sifat semacam ini..

    ReplyDelete
  4. contohnya yang udah dilakuin si Viki terhadap zaskia gotik gituh deh...pencitraannya keren banget kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset itumah udah masuk ke fase penipuan bro :D

      Delete
  5. haha pencitraan ya, tp kalo untuk cinta sih mending apa adanya deh biar ga gitu jadinya *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tapi terkadang cinta yang apa adanya bakal kalah saing sama cinta yang ada apanya

      Delete
  6. semua org pasti prnh lah pencitraan, penpondsan, pebiorean ataupun pevivaan. *eh merk kosmetik*

    ReplyDelete
  7. Yang suka pencitraan kasi cermin aja, biar mantul ke aslinya hehehehe

    ReplyDelete
  8. wkwkw pencitraan
    gambar yang terakhir itu lucu sekali bang. haha

    ReplyDelete
  9. bener juga..jadi tersinggung..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan pernah juga ngelakuin pencitraan..

      Delete
  10. Pencitraan identik seperti kebohongan publik. Bersikap tidak apa adanya dan seakan-akan dibuat2 utk terlihat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini definisi pencitraan yang lebih ok :)

      Delete
  11. Haha PDKT tanpa pencitraan itu ibarat makan sop buntut pake sumpit, susah... haha PDKT dengan pencitraan itu sudah saling melekat pak, ibarat kata kalo ada upin ya pasti ada ipin. Maksud kan dengan maksud saya? haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang PDKT kloo ga ada pencitraan kurang seru tapi klo pencitraannya berlebihan sama kaya melihara bomb waktu

      Delete
  12. Ho oh tuh, laki kalo lagi PDKT perhatiannya bikin klepek-klepek >.< ehhhh pas udah jadian.... -_______-"


    Aku juga sering pencitraan si ^^ suka sok sibuk padahal cuma tidur-tiduran sambil baca buku :p

    ReplyDelete
  13. Jadi diri sendiri aja kaleee,,,, xixixix

    ReplyDelete
  14. pencitraan biar dapet kesan pertama yang bagus yaa... klo selama tujuan positiv dan menjadi apa ada nya dan bukan di ada2in..kenapa gak, yg penting kan jadi diri sendiri ..fufuuffuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya sulit menemukan pencitraan yang bertujuan positif :(

      Delete
  15. pencitraan itu penting gak penting kak. tapi keseringan kan pencitraan emang buat introduction doank

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)