Tuesday, September 3, 2013

Hari Berdiri Sedunia



Sebagai anak yang baik hati, rajin menabung dan berbakti pada orang tua, gw selalu nuurut apa kata orang tua gw, termasuk dalam pekerjaan. Bulan September ini ada pembukaan penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negri Sipil). Sebagai keluarga yang di dominasi orang yang kerja di kalangan pemerintahan jadi nyokap gw dengan semangat45 nganjurin (lebih tepatnya maksa) anaknya tercinta buat ngikutin jejaknya.

Menurut info dari Uni (panggilan buat kakak perempuan) gw ada persyaratan yang harus di lengkapin yaitu Kartu Kuning dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kelakuan Baik).
Ok pertama kita bahas kartu yang berwarna kuning ini. Pembuatan kartu ini ga semudah membalik Eiffel tower. Saratnya ga banyak tapi birokrasinya ribet kaya benang kusut dalem kancut di makan curut.



Berikut persyaratan buat bikin kartu kuning:
1. Surat pengantar RT dan RW
2. Phas foto 3x4 2 lembar
3. Transkrip nilai a.k.a ijasah


Melihat persyaratan tersebut udah kebayang pintu-pintu menyebalkan lembaga pemerintahan yang harus gw lewati. Dalam hal ini gw melakukan yang namanya nepostisme, berhubung Uni gw orang kelurahan jadi gw bisa langsung ke kecamatan tanpa ngelawati tahapan-tahapan menakutkan tersebut. Dalam sekejap Kartu Kuning menadarat mulus di tangan gw he…

Berikutnya SKCK, SKCK bikinya di Polres. Sesuai KTP, gw pun pergi ke Polres Jakarta Selatan di BlokA. Kali ini gw jujur lewat jalur yang benar, ga ada lagi yang namanya nepotisme soalnya gw ga punya sodara di kepolisian :(

Brikut persyaratan buat bikin SKCK:
1. Surat pengantar RT, RW dan Kelurahan
2. Pas foto 4x6 6lembar


Tibalah pria tamapan rupawan ini di polres, gw pun langsung di sambut oleh antrian menajubkan  yang bikin perut gw mules. Pertama ambil formulir buat pemberkasan sidik jari. Jejeran orang tampak sibuk mengisi formulir. Gw sempet ngelirik ke sebelah ternyata doi lulusan tahun 2012, buset fresh graduate… Gw berasa om genit yang lagi ngegebet ABG labil. Ini siapa yang mindahin wahana tornado (salah satu wahana di dufan) ke Polres. Panjang gila bro antrianya, klo di antrian dufan kita sering liat tulisan 1jam dari sini, nah di Polres ada tulisanya 1minggu dari sini. Gile bisa tua di kantor polisi neh..

Setengah jam ngantri kaki gw mulai di kerubutin semut alias kesemutan, sebagai informasi antrian di sini semuanya berdiri kaya standing partynya acara nikahan. Bedanya klo acara nikahan kita berdiri sambil ngobrol dan megang makanan klo di sini berdirinya sambil megang formulir dan berebutan oksigen.

Sesuai hukum fisika yang berlaku klo jumlah konsumsi oksigen berbanding lurus dengan lebar lubang hidung jadi yang lubang hidungnya lebar otomasis konsumsi oksigennya bakalan lebih banyak dan gw salah satunya. Jadi berdasarkan hukum fisika tersebut gw butuh lebih banyak oksigen dari pada manusia normal pada umumnya. Sedangkan gw lagi berada di wilayah yang oksigennya limited, walhasil gw agak kesulitan napas. Oksigen mana oksigen!!!!

Setelah penantian panjang itu selesailah pengambilan berkas sidik jadi. Sekarang tinggal nyerahin aja berkas dan SKCK bakal gw dapet. "Jadinya 3 hari lagi ya pa" jawab salah satu petugas di polres. Buset dah udah diri plus mandi sauna gratis berjam-jam ternyata harus balik 3 hari lagi. Emang bener-bener dah lembaga pemerintahan di negri tercinta ini.

Hari ini gw resmi berdiri seharian, mulai dari kantor Kecamatan sampe Polres. Jadi mulau hari ini tanggal 2 September gw tetapkan sebagai hari berdiri sedunia.

Bakalan gw anggep pembantu sodara klo ada yang mo gendong gw pulang ke rumah. Ambulan mana ambulan!!!!!

Picture property of yandhi ramadhana

16 comments:

  1. masa sih nyampe tiga hari? babeku kalo buat langsung jadi kok, tp itu tergantung petugasnya sihh niat apa ga buatnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran 3 hari, gw aja smp shock dengernya

      Delete
    2. udah bakar aja kantornya bang :D

      Delete
    3. buset dah kantor polisi kali, hukumannya bisa berlipet-lipet kaya lemaknya prety asmara

      Delete
  2. Hiduup PNS.....................................................................................................................

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. nyari yang ada pensiun sama ga ada pengurangan lae

      Delete
  4. Itu kartu kuning harus ke kelurahan dan kecamatan? bukannya bisa langsung ke depnaker ya tanpa melewati kel dan kec?

    ReplyDelete
  5. engga perlu,kamu tinggal main bola terus buat pelanggaran. niscaya kamu akan dapet kartu kuning tanpa harus antri

    ReplyDelete
  6. itu mah kartu kuning karena pelanggaran di sepak bola zzzzzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh klo kartu kuning itu ya harus ke kecamatan

      Delete
  7. wahahhaaaa.... aduch ribet amat hidup dijakarta.. bikin skck ja ngantri??? weh, dulu pengalaman ku malah tinggal nylonong2 aja hehhe...pada pingin bikin pengakuan semua tuch..low warga jakarte baik..baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai warga negara yang baik, gw harus mengikuti aturan yang berlaku walu kadang teramat menyebalkan

      Delete
  8. temenku ngurusnya juga lama, malah sampe seminggu lebih dulu. buat syarat daftar kuliah. Lemot!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah birokrasi negara ini *ngeseliiin...*
      Terima kasih atas kunjunganya, semoga ga kapok

      Delete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu di larang, ditunggu kritik dan caci makinya ya :)